BLOG

Jenis-jenis Motif di Fashion

21/10/29 Article by Dust Team 345

...

Motif sudah menjadi penanda atau ciri khas yang menjadi pembeda antara satu produk fashion dengan produk fashion yang lain, dan motif ini tidak terbatas pada satu jenis saja. Motif di pakaian sudah tercatat seawal-awalnya pada tahun 1589, namun pembuatan motif di pakaian baru mulai menjamur di tahun 1800-an karena di waktu bersamaan, majalah untuk wanita juga mulai banyak berkembang dan mulai membahas tentang motif dan pola di pakaian, umumnya pakaian perempuan. Namun, produksi motif massal baru dimulai pada tahun 1927 saat Joseph Shapiro membuat perusahaan Simplicity Pattern Company yang membuat pakaian bermotif menjadi terjangkau bagi keluarga menengah ke bawah.

...

Saat ini, terdapat banyak jenis motif yang ada di dunia fashion, namun secara garis besar, terdapat tiga motif umum yang juga dipakai di DUST.

1. Motif stripes/garis-garis

Motif ini adalah salah satu motif yang paling banyak dijumpai di banyak produk fashion. Motif garis-garis pada umumnya terdiri dari garis-garis horizontal atau vertikal dengan besar dan jarak atau kerapatan antargaris yang bervariasi. Motif ini juga banyak mengisi look formal, seperti di kemeja, celana, maupun blazer. Untuk menciptakan penampilan yang lebih balanced, pilihlah motif garis-garis yang komposisinya seimbang.

2. Motif checks/Gingham

Motif checks atau motif papan catur ini adalah motif yang dihasilkan dari perpaduan antara garis horizontal dan vertikal yang bersilangan sehingga membentuk bentuk kotak-kotak kecil yang terdiri dari dua warna. Variasi dari motif ini adalah motif Gingham, yaitu perpaduan warna terang dan warna putih yang menghasilkan bentuk kotak-kotak kecil. Contoh motif Gingham lainnya adalah kain untuk piknik yang biasa kita lihat.

3. Motif plaid/Tartan

Motif plaid dan motif kotak-kotak sering dikategorikan sebagai motif yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Motif plaid pada dasarnya adalah satu garis besar yang dikelilingi oleh garis-garis kecil yang terdiri atas dua warna atau lebih. Contoh paling populer dari motif ini adalah motif yang terdapat di rok Tartan.

...

Selain ketiga motif di atas, DUST juga banyak memakai motif abstrak dan motif floral di produknya. Motif telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia fashion sehingga kamu akan sangat mudah untuk menjumpai beragam motif di berbagai macam pakaian. Motif dengan komposisi yang tepat dapat membantu kamu untuk memanipulasi siluet bentuk tubuh kamu sesuai dengan yang kamu inginkan, jadi make sure untuk memilih motif yang tepat sesuai dengan bentuk tubuh kamu ya :)